Penyebab Dan Mengatasi Mata Minus



Penyebab Dan Mengatasi Mata Minus [ www.BlogApaAja.com ]

Bagaimana cara mengobati mata minus? Apakah mata minus itu dapat diobati? Seringkali pertanyaan seperti itu muncul dan ditanyakan oleh mereka yang menderita mata minus. Istilah kedokteran untuk rabun jauh adalah miopia. Dan memang iya, mata minus bisa dibuat normal kembali dan diobati.
Bila kita sering bekerja atau melihat sesuatu dengan jarak yang dekat dan terlalu lama, biasanya mata akan mengalami minus. Pada saat hal ini terjadi otot di mata yang mengatur fokus mata kita akan terbiasa dengan kondisi seperti ini. untuk mengkoreksi mata minus dengan menggunakan kacamata akan memaksa otot mata Anda untuk terbiasa dengan keadaan yang tidak normal sehingga akan membuat mata minus semakin parah ketika secara rutin Anda tetap melakukan pekerjaan rutin dengan jarak dekat.
Terus apa yang harus dilakukan untuk mengobati mata minus atau mengurangi mata minus. Ada baiknya sebelum di jelaskan lebih lanjut Anda mengetahui penyebab utama kenapa kemampuan penglihatan kita menurun.
Penyebabnya adalah:
1. Pola makan yang tidak sehat

2. Kebiasaan membaca yang salah seperti membaca dengan posisi tiduran dan membaca dengan penerangan yang kurang
3. Polutan di makanan, udara dan air terhadap bahan kimia serta pengawet
4. Secara berlebih mengkonsumsi gula
5. Minimnya terkena sinar matahari
5. Lokasi kerja yang tidak baik
6. Menyaksikan televisi terlalu sering
7. Pemakaian monitor komputer yang buruk
8. Perlu diperhatikan juga kondisi mental karena sangat berpengaruh dengan kesehatan penglihatan mata.
Kita justru akan semakin tergantung dengan kacamata dan tidak ada kesempatan untuk memperbaiki kesehatan mata kita, bila kita memakai kacamata yang sesuai dengan ukuran minus atau plus kita. Dalam hal ini disarankan untuk menggunakan kacamata yang setingkat lebih rendah dari dengan kemampuan penglihatan kita yaitu sekitar 87,5% sehingga mata akan berusaha untuk memperbaiki fokusnya, yang pada akhirnya diharapkan mampu mengurangi ketergantungan pada kacamata.
Segera istirahatkan mata Anda untuk beberapa saat pada saat kondisi mata Anda sudah mulai terasa capek, perih serta buram, hal ini adalah suatu pertanda atau pesan dari mata kalau mata kita sudah mengalami kelelahan atau terlalu capek.
Cara Mengurangi Minus Mata
  • Jika memungkinkan lepaskan kacamata
  • Melihat benda dengan jarak yang berbeda
  • Melakukan kedip yang tidak terlalu cepat dan lambat, kedip secara normal
  • Mata Anda ditutup dengan telapak tangan dan berikan sedikit tekanan pada mata Anda. Kegiatan ini sangat membantu otot mata Anda menjadi lemas.
  • Untuk melemaskan otot mata Anda juga dapat dilakukan dengan melihat benda yang bergerak.
  • Makanlah berbagai macam buah yang berwarna jingga seperti buah wortel atau buah yang asam.
  • Melakukan senam mata.
  • Berusalah untuk pergi ke persawahan, laut yang luas dan pegunungan yang hijau.
Melakukan latihan senam mata berfungsi untuk merangsang otot mata agar dapat berkontraksi dengan baik sehingga dapat mengatasi mata lelah atau mata stres yang bisa berakibat pada kecacatan mata seperti contoh mata minus, hipermetropi, mata plus, rabun jauh, miopi.
Latihan senam mata ini bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan atau mengobati mata dari mata minus atau rabun jauh, mata plus atau rabun dekat. Semoga tips di atas bermanfaat sehingga Anda tidak repot lagi menggunakan kacamata.


Follow On Twitter