Tips Memakai Toilet Umum Saat Travelling



Tips Memakai Toilet Umum Saat Travelling [ www.BlogApaAja.com ]

Ada kalanya, kamar mandi umum adalah satu-satunya opsi untuk mandi saatsedang traveling. Berikut 5 tips aman dan nyaman dalam menggunakan kamar mandiumum.

Kamar mandi umum, biasanya digunakan traveler yang menginap di hostel,losmen murah lainnya, bahkan stasiun dan terminal. Disusun detikTravel, inilah5 tips memakai kamar mandi umum:

1. Perhatikan kondisi toilet



Sebelum membuka baju atau celana, perhatikan dulu kondisi kamar mandidengan seksama. Cek apakah kran bisa menyala dan mengeluarkan air denganlancar. Perhatikan juga pintu dan kunci kamar mandi, jangan sampai ada yang mendobrakpintu saat Anda sedang berada di dalam kamar mandi.

Tak lupa, cek juga lampu apakah bisa menyala atau tidak. Perhatikanjendela atau ventilasi apakah aman dari pandangan orang lain. Tentu Anda tidakingin kan jadi tontonan gratis orang-orang di sekitar kamar mandi.

2. Pastikan Anda membawa semua perlengkapan



Baju ganti, handuk dan alat mandi adalah perlengkapan yang tidak bisaketinggalan saat menggunakan kamar mandi umum. Jangan sampai Anda barusadar kalau ketinggalan handuk saat sedang memakai sabun. Cek kembali semuabarang sebelum memulai kegiatan di dalam kamar mandi.

3. Bawa plastik



Tidak hanya untuk pakaian kotor, plastik juga bisa menyelamatkanpakaian bersih Anda. Tidak semua kamar mandi memiliki gantungan yang cukup danbisa digunakan dengan baik. Oleh karena itu, taruh semua pakaian bersih danhanduk Anda di dalam plastik.

Plastik juga bisa menghindarkan pakaian Anda dari air kala kamar mandiyang Anda gunakan tidak terlalu besar. Namun ada yang harus diperhatikan, taruhplastik di tempat yang benar-benar aman. Jangan sampai plastik terjatuh kelantai atau tersiram air.

4. Jangan terlalu lama berada di dalam kamar mandi



Karena tempat umum, Anda harus toleransi terhadap orang lain. Jangananggap kamar mandi yang sedang Anda gunakan adalah milik pribadi. Bersihkanbadan dengan ringkas dan berpakaianlah dengan cekatan.

Jika tidak ingin terlalu lama, pilihlah pakaian yang mudahdikenakan dalam waktu singkat. Hindari pakaian yang ketat atau yang berbahankaret. Karena saat kondisi badan belum terlalu kering, pakaian jenis tersebutakan lebih sulit dipakai.

5. Cari jam sepi



Jika ingin mandi dengan nyaman tanpa kuatir antrean, carilah jam-jamsepi pengunjung. Menjelang siang sekitar pukul 10 pagi bisa dikategorikansebagai jam lowong. Karena pada waktu tersebut, kebanyakan orang sudah selesaidengan kegiatan yang berhubungan dengan kamar mandi. Pukul 14.00-15.00 jugabisa dikategorikan waktu yang cukup lowong.

Kalau kamar mandi umum di luar negeri seperti di Eropa, jamkosong adalah 5.00-8.00. Pada saat itu, orang bule biasanya memang belumbangun.

Pada saat-saat itu, kebanyakan orang sedang sibuk dengan aktivitasmasing-masing. Silahkan mandi sepuasnya dan sesantainya. Namun, jangan kagetjika tiba-tiba ada yang mengetuk pintu kamar mandi, karena itu memang fasilitasumum.


Follow On Twitter